Sabtu, 27 Desember 2014

MEDIA SOSIAL

            Sosial media merupakan media yang digunakan untuk bersosialisasi dan dilakukan secara online. Karena dilakukannya di dunia maya, sosial media tidak mengenal batasan ruang dan waktu. Kapanpun, dimanapun, dan siapapun bisa bersosialisasi dengan sosial media.

            Sosial media memiliki banyak kategori dan fungsi yang berbeda-beda. Mari kita kelompokkan sosial media berdasarkan kategori yang populer dan paling banyak digunakan masyarakat saat ini.

1. Social Networks
            Social networks ini merupakan sosial media yang digunakaan untuk menjalani komunikasi dan interaksi sesama penggunanya. Contoh-contoh social network adalah Facebook, MySpace, Linked In, Path, dan masih banyak lagi. Dengan akun-akun di sejumlah social network tersebut, kita bisa menjalin hubungan dengan teman-teman di dunia maya dan saling berinteraksi tentang apa pun itu.

2. Discuss
            Discuss merupakan sosial media yang digunakan untuk mengobrol secara langsung atau live. Dalam banyak fasilitas, Discuss juga digunakan untuk mengobrol bersama banyak orang sekaligus. Contohnya adalah Google Talk, Yahoo! Messenger, Skype, dan lain sebagainya.

3. Share
            Nah, sosial media dalam kategori share ini punya fungsi untuk berbagi file, video, musik, dan lain sebagainya. Contohnya adalah Youtube, Feedback, Flickr, Slideshare, dan masih banyak lagi.

4. Publish
            Kategori Publish merupakan kategori di mana media sosial ini mewadahi apapun yang ingin kita tulis. Misalnya wordpress, blogspot, wikipedia, digg, dan lain-lain.

5. Livecast
            Bagaimana dengan livecast? Belakangan juga mulai populer menonton tv secara online streaming. Livecast merupakan kategori sosial media untuk Justin Tv, Livestream TV, Blog TV, dan lain sebagainya. Jadi, dimanapun kita, jika ingin menonton suatu channel kita bisa mengunjungi alamat-alamat streaming tersebut untuk bisa langsung menontonnya.

Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :

·         Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
·         Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
·         Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
·         Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
·         Pertumbuhan Media Sosial

              Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Peran dan Fungsi Media Sosial

            Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter, dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.

Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media konvensional, antara lain :

1.      Kesederhanaan
            Dalam sebuah produksi media konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet.

2.      Membangun Hubungan
            Sosial media menawarkan kesempatan tak tertandingi untuk berinteraksi dengan  pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.

3.      Jangkauan Global
            Media tradisional dapat menjangkau secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu. Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap, terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.

4.      Terukur
            Dengan sistemtracking yang mudah, pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan waktu yang lama.



Fungsi Media Sosial

              Ketika kita mendefinisikan media sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :

1.      Administrasi
            Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan integrasi  konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.

2.      Mendengarkan dan Belajar
            Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.

3.      Berpikir dan Perencanaan
            Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.

4.      Pengukuran
            Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting untuk  mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.

Referensi :
http://www.akademi-andalan.com/artikel/apa-sih-social-media-itu

http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar