Sosial media merupakan media yang
digunakan untuk bersosialisasi dan dilakukan secara online. Karena dilakukannya
di dunia maya, sosial media tidak mengenal batasan ruang dan waktu. Kapanpun,
dimanapun, dan siapapun bisa bersosialisasi dengan sosial media.
Sosial media memiliki banyak
kategori dan fungsi yang berbeda-beda. Mari kita kelompokkan sosial media
berdasarkan kategori yang populer dan paling banyak digunakan masyarakat saat
ini.
1. Social Networks
Social networks ini merupakan sosial
media yang digunakaan untuk menjalani komunikasi dan interaksi sesama
penggunanya. Contoh-contoh social network adalah Facebook, MySpace, Linked In,
Path, dan masih banyak lagi. Dengan akun-akun di sejumlah social network
tersebut, kita bisa menjalin hubungan dengan teman-teman di dunia maya dan
saling berinteraksi tentang apa pun itu.
2. Discuss
Discuss merupakan sosial media yang
digunakan untuk mengobrol secara langsung atau live. Dalam banyak fasilitas,
Discuss juga digunakan untuk mengobrol bersama banyak orang sekaligus.
Contohnya adalah Google Talk, Yahoo! Messenger, Skype, dan lain sebagainya.
3. Share
Nah, sosial media dalam kategori
share ini punya fungsi untuk berbagi file, video, musik, dan lain sebagainya.
Contohnya adalah Youtube, Feedback, Flickr, Slideshare, dan masih banyak lagi.
4. Publish
Kategori Publish merupakan kategori
di mana media sosial ini mewadahi apapun yang ingin kita tulis. Misalnya
wordpress, blogspot, wikipedia, digg, dan lain-lain.
5. Livecast
Bagaimana dengan livecast?
Belakangan juga mulai populer menonton tv secara online streaming. Livecast
merupakan kategori sosial media untuk Justin Tv, Livestream TV, Blog TV, dan
lain sebagainya. Jadi, dimanapun kita, jika ingin menonton suatu channel kita
bisa mengunjungi alamat-alamat streaming tersebut untuk bisa langsung
menontonnya.
Media sosial mempunyai ciri-ciri, yaitu sebagai
berikut :
·
Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
·
Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
·
Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
·
Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
·
Pertumbuhan
Media Sosial
Pesatnya perkembangan media
sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika
untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan
modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang
pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan
internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat
mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas
bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis,
dan berbagai model content lainnya.
Peran dan Fungsi Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi
bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi
bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh
pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk
menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook, twitter,
dab youtube memiliki sejumlah manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari
media konvensional seperti media cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan
media konvensional, antara lain :
1. Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang
tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan
koneksi internet.
2. Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan
tak tertandingi untuk berinteraksi dengan
pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback
langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak
dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
3. Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau
secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu.
Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap,
terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk
menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan
bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
4. Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan
waktu yang lama.
Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media
sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi
terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
1. Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan
untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog
organisasi dan integrasi konten dalam
masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
2. Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk
mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
3. Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2,
bagaiman anda akan tetap didepan pasar dan begaiman anda berkomunikasi ke
pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan
pasar.
4. Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif
sangat penting untuk mengukur apakah
metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam
meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
Referensi :
http://www.akademi-andalan.com/artikel/apa-sih-social-media-itu
http://ptkomunikasi.wordpress.com/2012/06/11/pengertian-media-sosial-peran-serta-fungsinya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar