Rabu, 22 Oktober 2014

DIGITAL CULTURE

            Sebenarnya kita tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi untuk kehidupan sehari-hari, misalnya saja untuk meng-update berita hari ini kita pasti akan membuka situs-situs yang menyediakan berita secara online. Itu merupakan salah satu contoh budaya digital atau digital culture.
            Digital Culture itu sendiri adalah sesuatu yang berbeda. Konsep yang telah disesuaikan dengan sektor lainnya, dan memasukkan perspektif yang berbeda mengenai dampak teknologi digital dan jaringan dalam masyarakat. Seharusnya dan idealnya hal semacam ini dibuat oleh Departemen Kebudayaan untuk mengadakan refleksi bersama yang luas mengenai perspektif budaya digital Indonesia, dengan mendorong partisipasi dari semua pemangku kepentingan dalam proses inovatif -konstruksi kolaboratif – kebijakan publik ke, oleh dan menuju ranah digital. Semakin murahnya perangkat komputer dan telepon seluler pribadi, dikombinasikan dengan pesatnya perkembangan aplikasi yang menggunakan perangkat lunak bebas (open source)  dan layanan gratis di jaringan, telah mempromosikan demokratisasi radikal akses ke sarana baru produksi dan akses ke pengetahuan.
            Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan  teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan  kemampuan. Semula dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat elektronika lainnya. Hingga akhirnya teknologi ini terintegrasi satu dengan lainnya. Di sisi lain, akibat perkembangan dari kemampuan teknologi, terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi perjalanan dan operasi bisnis, yang  menghasilkan pelayanan-pelayanan baru, termasuk dalam hal pemanfaatan jaringan dunia tanpa batas.
            Pekembangan dunia digital sudah mencapai semua aspek dari segi bisnis, ekonomi, hiburan, transportasi, dll. Karena dengan digital dapat lebih efisien dan lebih akurat dalam proses pengerjaannya dibandingkan dengan kinerja manusia yang memiliki rasa lelah. Hal ini lah yang sudah dipakai di seluruh Negara didunia baik Negara maju maupun Negara berkembang, di dunia ekonomi seluruh pebisnis sudah dapat melakukan transaksi online diman transaksi tersebut dimana transaksi tersebut lebih bermanfaat karena kita dapat melakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Kita dapat menggunakan laptop, telepon genggam atau apa saja yang terkoneksi dengan internet unutk melakukan transaksi online.
            Tidak hanya didunia komunikasi, sarana umum juga sekarang sudah menggunakan digital yang dapat lebih efisien dan lebih teratur. Contohnya adalah lampu lau lintas. Itu merupakan salah satu alat digital yang sudah ada diseluruh tempat untuk mengatur arus lalu lintas sehingga tugas polisi dapat menjadi lebih ringan dengan ada nya lampu lalu lintas tersebut.

            Sisi negative dari perkembanagan dunia digital adalah penyalah gunaan perkembangan tekhnologi. banyak yang memanfaatkan perkembangan tekhnologi untuk melakukan hal yang jahat seperti pencurian, perampokan, penipuan dan untuk aksi pendukung teroris. Dari segi pencurian sudah banyak hacker yang menggunakan perkembangan tekhnologi unutk mengambil uang dari rekening orang lain yang tidak dia kenal. Dan ada pun dari segi penipuan sudah banyak orang yang menipu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang menggunakan telepon genggam, dll. Dan sudah banyak yang menjadi korban.
New Media
New media adalah media baru yang muncul karena perkembangan teknologi,yaitu internet. Sebagaimana media berarti perantara,maka internet ini telah menjadi perantara baru dalam penyebaran berita,informasi,pengetahuan,dll. Di dalamnya ada web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan komputer sebagai media-nya.
Internet telah mempengaruhi masyarakat dalam menyebarkan informasi. Bahkan sekarang kita dapat merasakan betapa jarangnya orang mencari media cetak sebagai prioritas dalam mencari informasi.

1.       Social networking
Social networking adalah kelompok yang terdiri dari orang-orang yang dihubungkan oleh kepentingan bersama, persahabatan, pengetahuan dan lain-lain.  Situs jejaring sosial adalah sebuah platform berbasis web yang menyediakan tempat bagi pengguna internet untuk bergabung dan membentuk komunitas online.

2.      Search Engine
  Search engine adalah sebutan untuk website yang berfungsi sebagai mesin pencari. Maksudnya adalah website ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi yang anda inginkan

3.       E-Paper
 e-paper atau koran digital adalah koran yang dapat diakses melalui internet. Koran ini lebih efisien karena tidak membutuhkan kertas untuk mencetak. Selain itu juga lebih up to date karena berita baru langsung dipost,sedangkan jika koran biasa cenderung lebih lama karena koran harus melewati proses cetak dan baru disebarkan ke masyarakat.
Dampak Positif Dari Penggunaan Teknologi :
 - Mempermudah dan mempercepat akses informasi yang kita butuhkan.
 - Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi.
 - Mempermudah transaksi perusahaan atau perseorangan untuk kepentingan bisnis.
 - Mempermudah penyelesaian tugas-tugas atau pekerjaan.
 - Mempermudah proses komunikasi tidak terhalang waktu dan tempat.
 - Banyaknya penggunaan teknologi informasi membuka lowongan kerja.
Dari semua dampak positif diatas pasti ada dampak negative yang ditimbulkan seperti :
  - Isu SARA
  - Kemudahan transaksi memicu munculnya bisnis-bisnis terlarang seperti narkoba dan produk black market atau ilegal.
  - Penipuan yang bermunculan terutama dalam kasus transaksi online.
   - Munculnya budaya plagiarisme atau penjiplakan hasil karya orang lain.
Di balik segala keterbatasan media digital, kita dapat meyakini bahwa media baru ini akan terus menginspirasi. Selain itu, perkembangan teknologi di masa mendatang juga sebaiknya mampu meningkatkan kesempatan bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi dalam proses pendistribusian informasi media.

Referensi :
http://suhailykamil.wordpress.com/2011/09/29/apa-itu-digital-culture/
http://www.academia.edu/5793332/DAMPAK_POSITIF_DAN_NEGATIF_PERKEMBANGAN_TEKNOLOGI_DARI_USIA_DINI

http://barnecie-exito.blogspot.com/p/apa-itu-new-media.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar